All New Honda WR-V

Terdapat 10 hal menarik pada Honda WR-V yang layak untuk Anda ketahui, kami berani jamin setelah Anda tahu akan semakin ingin untuk memiliki mobil ini. Mari simak rangkuman sepuluh hal menarik dari Honda WR-V ini.

1. Desain Eksterior

Tidak sulit rasanya untuk jatuh cinta pada desain luar WR-V. Itu “Tersirat dari body dan state feel mobil yang membuat menyenangkan untuk dikendarai dan pada saat yang sama citra gaya yang keren akan meningkatkan kesan premium,” ungkap Poychat Ua-arayaporn selaku Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. (HRAP).


Desain eksterior Honda WR-V mudah diterima konsumen Tanah Air

“Ini adalah nilai-nilai yang ingin kami penuhi kebutuhan pelanggan kami dengan menciptakan model baru Small SUV. Dan sejak saat itu Insinyur Honda bersama dengan tim desain styling berupaya untuk memenangkan hati dan senyum pelanggan target kami,” tambah UA San, sapaan akrab Poychat Ua-arayaporn.

“Untuk mencapai itu kami menetapkan arah pengembangan mobil ini harus aktif dan instan, sehingga konsumen akan merasakan mobil yang sporty dan pada saat yang sama dapat membuat pengguna merasa percaya diri dan unik dengan karakternya yang hidup,” paparnya.


Eksterior yang tampan disuguhkan Honda WR-V

2. Kepraktisan Kabin

Kepraktisan kabin menjadi poin menarik WR-V. Anda tak akan kesulitan menemukan Cup Holder, maupun tempat penyimpanan barang-barang Anda. Ada satu laci tertutup di bagian depan, laci penyimpanan di masing-masing pintu, serta console box yang juga berfungsi sebagai arm rest.


Interior sporty dengan kepraktisan kabin cukup baik

Selain itu, “Desain interior menonjolkan karakter sporty dengan menggunakan kombinasi warna merah hitam meningkatkan kenyamanan pribadi dengan bahan berkualitas tinggi dan sentuhan lembut (soft touch), mulai dengan setir kulit, pelapis pintu panel asam sentuhan lembut dan sandaran tangan,” tambah UA San.

3. Fun To Drive

Yang kami rasakan dari Honda WR-V ini adalah pengendaliannya yang superior. Kami sudah bandingkan dengan beberapa kompetitor di kelasnya seperti Nissan Magnite, Renault Kiger, KIA Sonet, Toyota Raize, bahkan Daihatsu Rocky, WR-V memiliki handling di atas rata-rata yang membuatnya asyik untuk dikemudikan (fun to drive).


Handling menawan disajikan Honda WR-V

Hebatnya, WR-V mengusung Ground Clearence yang tertinggi di kelasnya dengan jarak terendah ke tanah 22 cm (220 mm). Kombinasi ban Bridgestone Turanza T005A di trim RS dipadu dengan setup suspensi memadai membuat WR-V asyik diajak untuk melahap tikungan.

4. Performa Mesin & Transmisi

Hal yang kami kagum berikutnya dari WR-V adalah performa mesin dan transmisinya. Mesin yang serupa dengan BR-V ini sudah dituning untuk menghasilkan torsi 5% lebih tinggi dan dan diraih lebih cepat pada putaran mesin yang lebih rendah demi efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Tapi, “Meskipun memakai mesin yang sama dengan BR-V namun mobil ini lebih ringan 130 Kilogram dari BR-V, sehingga ketika Anda hendak melakukan overtaking tidak perlu injak pedal gas dalam-dalam, hanya perlu 10% saja mobil sudah melaju,” kata Nattawut Sasitorn selaku Asst. Large Project Leader Dynamic Performance Research HRAP.


Mesin 4-silinder 1.500 cc bertenaga 121 PS dan 145 NM terasa effortless menghela bodi mobil

Demikian pula dengan performa transmisi CVT pada WR-V yang menurut kami jagoan di kelasnya. Transmisinya mampu membuat kinerja mesin terasa agresif sehingga lebih spontan dan menghibur pengemudi.

Terdapat. “Step Up Shift control saat anda melakukan akselerasi penuh sampai RPM yang ditentukan di dekat zona merah, persneling akan menaikkan shift yang meningkatkan RPM mesin dalam stabilisasi akselerasi mobil,” tambah UA San.


Mesin hebat dipadu transmisi CVT jagoan, hasilnya Fun To Drive

Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan akselerasi tetapi juga feel pengemudi. Transmisi ini dengan pintar seolah mengetahui dan bisa membaca kondisi jalan sehingga CVT mampu menyesuaikan diri serta membuat mobil tidak kehilangan tenaga.

“Di sisi lain ketika Anda melakukan pengereman keras, ada yang disebut Step Down Shift, yang secara otomatis menghasilkan rem mesin (engine brake) dan membuat pengemudi merasa lebih percaya diri dan aman bersamaan dengan efisiensi empat persen yang ditingkatkan untuk penghematan bahan bakar yang lebih baik juga,” ungkap UA San.

5. Bantingan Suspensi

Bantingan suspensi mobil ini lebih mengarah ke firm demi rasa fun to drive yang optimal. Memang sedikit agak keras kalau dibanding rival sesama Jepang semisal Daihatsu Rocky maupun geng Korea seperti KIA Sonet. Tapi kami suka setup suspensi seperti ini, karena nantinya tidak lemah saat diisi beban penuh.


Bantingan suspensi terasa pas meski agak firm demi menunjang handling

“Dalam merancang suspensi Honda WR-V kami membuat bodi terlebih dahulu, baru rancangan suspensinya mengikuti, jadi suspensi bisa diset agar mendapat performa yang optimal,” ujar Nattawut Sasitorn selaku Asst. Large Project Leader Dynamic Performance Research HRAP.

6. Visibilitas Berkendara

Berkat jarak terendah ke tanah yang tinggi, membuat visibilitas terasa baik, tercatat Invisible Length (sudut tak terlihat) hanya di angka 80 cm yang mana lebih kecil dari kompetitor. Ini membuat posisi duduk commanding meski pengaturan setir tidak terdapat fungsi teleskopik (jangkauan maju-mundur).


Visibilitas baik ke segala arah

Selain itu tester yang punya postur tinggi badan 173 cm, dengan posisi duduk diatur paling rendah, kaca spion sebelah kiri sama sekali tidak terpotong oleh garis jendela pintu. Ini berarti, bila mobil ini dikendarai wanita dengan postur sekitar 160 cm dengan memanfaatkan height adjuster akan mudah untuk memantau ke sekitar.

7. Peredaman Suara

Peredaman suara juga terasa oke, baik itu suara ban, hingga desis angin teredam sempurna dan ini tercapai bukan tanpa alasan. “Ini (insulator) tidak terlihat tetapi Anda dapat merasakannya,” ungkap UA San yang aseli Thailand ini.

“Untuk bodi banyak insulator yang diterapkan bersama dengan busa semprotan yang diisi ke pilar bodi bersama dengan struktur inti di bodi sisi bawah yang dapat mencegah tidak hanya kebisingan tetapi juga bau dan debu,” kata UA San.


Peredaman suara jempolan tambah kenyamanan berkendara

Bagian mesin juga mendapat sentuhan agar mendapatkan NV Performance yang baik. Pada intinya, “Mengoptimalkan frekuensi dan kekakuan untuk mengurangi getaran mesin yang ditransfer ke bodi,” tambah wanita yang terlihat awet muda ini.

“Sedangkan cover pada mesinnya sendiri mampu menangani radiasi suara mesin sebagai hasilnya kami mendapatkan NV Performance road noise yang unggul di jalan raya dan dapat menekan kebisingan dan getaran akselerasi mesin sebagai target pengembangan kami untuk memuaskan pelanggan kami,” ungkapnya.

8. Honda Sensing™

Honda Sensing yang terdapat di WR-V memiliki enam fungsi. Yakni CMBS™ (Collision Mitigation Braking System), LKAS (Lane Keeping Assist System), RDM (Road Departure Mitigation System), ACC (Adaptive Cruise Control), LCDN (Lead Car Departure Notification System), dan Auto High Beam (AHB).


Adaptive Cruise Control jadi salah satu Unique Selling Point di WR-V

“Keamanan Aktif Honda Sensing sama seperti Mobil Honda kami (lainnya), sistemnya menggunakan kamera pandangan lebar depan untuk mendeteksi objek secara akurat dan membantu pengemudi dengan mengendalikan akselerasi, kemudi, dan rem,” sebut UA San.

9. Tersedia Dua Pilihan Trim

Terdapat dua pilihan trim kemewahan pada Honda WR-V. Yakni E dan RS. Baik tipe E dan tipe RS sama-sama hanya memiliki pilihan transmisi otomatis jenis CVT. Hanya saja untuk trim RS ada yang dilengkapi dengan fitur Honda Sensing™.


Trim E (warna putih) dan trim RS (warna merah) membuat pilihan konsumen kian luas

10. Kelegaan Kabin

Kendati jarak sumbu roda hanya 2.458 mm namun kami merasakan kabin yang cukup roomy pada WR-V ini. Jarak kepala, lutut, dan lengan pada kursi depan maupun belakang terasa cukup untuk mobil dengan ukuran panjang tidak lebih dari 4,1 meter.

“Dengan ruang kargo 380 liter Anda dapat menempatkan lima koper untuk lima orang yang juga dapat dibawa untuk kembali pemirsa dan teman Anda berdua berkendara untuk perjalanan liburan pasangan dan kursi belakang juga dapat dibagi 60:40,” kata UA San.


Bagasi luas, pas untuk keluarga kecil

Jadi itulah 10 hal menarik yang tim temukan pada Honda WR-V. Kesimpulannya, “Konsumen Honda WR-V ini adalah orang-orang yang gigih, fokus kepada pekerjaan yang mereka dalami, senang bersosialisasi dan selalu update dengan the latest technology,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director of PT Honda Prospect Motor.

Pria yang akrab disapa Billy ini pun menambahkan, “Kami menyebutnya sebagai Hustler Generation, oleh karena itu Honda menghadirkan sebuah mobil dengan fitur-fitur yang sangat sesuai dengan kebutuhan penggunanya,” tutup Billy yang hobi olahraga Tennis dan Bersepeda ini.

Harga

Spesifikasi

Iklan

Ditandai:, , , , , , ,

%d blogger menyukai ini: