Bingung Menetralkan Transmisi Matic Mobil Honda Saat Parkir?

Pernahkah kendaraan kalian terjebak oleh mobil yang parkir paralel? Ketika didorong, mobil tidak bergerak sama sekali karena tuas transmisi berada pada posisi “P” atau parkir, sehingga roda mobil terkunci. Tentu hal ini cukup menjengkelkan karena Anda terpaksa menunggu si pemilik mobil kembali untuk mengeluarkan kendaraan dari parkiran.
Parkir paralel bagi pemilik mobil matic kadang menjadi dilema tersendiri. Masalahnya, kunci mobil tidak bisa dilepas sebelum tuas ada pada posisi “P” atau parkir. Sedangkan apabila tuas dibiarkan pada posisi “P”, maka roda ban akan terkunci sehingga mobil tidak bisa didorong dan menyulitkan pengendara lain yang kendaraannya terhalang mobil Anda.
Sebenarnya, ada satu fitur yang memungkinkan mobil Anda untuk bisa diparkir tanpa mengunci roda mobil, yakni fitur “shift lock” yang terletak di dekat transmisi. 

Sebelumnya, pastikan bahwa rem tangan sudah di non-aktifkan. Untuk mengaktifkan fitur shift lock di mobil Honda, Anda perlu memasukkan gagang kunci ke lubang yang ada pada samping kanan tuas transmisi. Pertama, lepas gagang kunci dari “cangkang”nya dengan menggeser tombol yang ada di tengah kunci.

Setelah gagang terlepas, masukkan gagang tersebut ke lubang shift lock. Masih dalam keadaan gagang yang menancap di transmisi, tarik tuas ke posisi “N” kemudian lepas gagang dari lubangnya.

Setelah itu, Anda bisa meninggalkan mobil dengan mengunci pintu terlebih dahulu. Dengan cara ini, maka mobil Anda bisa didorong dan tidak menghalangi kendaraan lain yang hendak keluar dari parkiran. Semoga tips diatas bermanfaat ya

%d blogger menyukai ini: